Pertokoan di Terminal Cibadak Mulai Dibangun
oleh Admin Rabu, 11 September 2019 News
Pertokoan di Terminal Cibadak Mulai Dibangun

CIBADAK — Rencana pembangunan pertokoan di Terminal Cibadak, Kelurahan/Kecamatan Cibadak, disambut positif para pedagang. Peremajaan sarana perdagangan ini, rencananya akan direalisasilakan pada tahun ini dengan sumber anggaran dari PT Bangun Jaya Allia (BJA), pihak swasta yang berinvestasi sebesar Rp40 miliar.

Ketua Persatuan Warga Pasar (Perwapas) Cibadak, Ule Supardi mengatakan, para pedagang menyambut baik dan mendukung adanya rencana pembangunan pertokoan tersebut. Lantaran, selain dapat mengurai kemacetan tentunya akan menciptakan lingkungan yang bersih sehingga Cibadak bisa lebih tertata ke depannya.

“Kami mendukung adanya rencana pembangunan pertokoan ini. Karena tentunya perlu ada penataan supaya lebih baik lagi kedepan,” kata Ule kepada Radar Sukabumi, kemarin (2/9).

Selama pengerjaan lanjut Ule, para pedagang baik Pedagang Kaki Lima (PKL) maupun yang ada di pertokoan sementara waktu ini akan direlokasi ke belakang pasar sampai pembangunan selesai. Dengan begitu, diharapkan tidak akan menghambat proses berlangsungnya pembangunan.

“Saat ini di Pasar Terminal Cibadak terdapat 101 toko dan 124 PKL, semuanya akan direlokasi ke belakang pasar untuk sementara waktu agar tidak menghambat proses pembangunan,” ucapnya.

Pihaknya meminta, dalam pembangunan pertokoan ini, pengembang membuat drainase yang memadai agar tidak terjadi banjir ketika musim hujan berlangsung. “Ya, karena drainase yang ada saat ini tidak memadai. Maka dari itu, kami meminta keberadaan drainase ini sangat penting dan harus diperhatikan untuk mengantisipasi terjadinya banjir ketika musim hujan,” paparnya.

Dengan adanya pembangunan tersebut, sambung Ule, maka diyakini dapat mengurai kemacetan yang kerap terjadi di daerah Cibadak. “Selain itu, kawasan dan pertokoan yang ada saat ini sudah kumuh dan tidak layak. Kami harap, pembangunan bisa segera terimplementasikan,” imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang pedagang Pasar Terminal Cibadak, Wawi menuturkan, pedagang menyambut positif pembangunan pertokoan tersebut. Sebab, keberadaan pertokoan saat ini dinilai sudah kumuh dan butuh perbaikan.

“Kami sangat mendukung adanya pembangunan ini. Tapi disisi lain kami sebagai pedagang tentunya meminta agar harga toko maupun ruko nantinya tidak terlalu tinggi dan harus terjangkau oleh pedagang,” tutur Wawi.

Hal senanda diungkapkan pedagang lainnya, Agus Ependi berharap, harga toko dan ruko setelah dibangun harus benar-benar terjangkau para pedagang karena mengingat perekonomian saat ini sedang menurun. “Kami sangat mendukung adanya pembangunan ini, tapi harganya jangan terlalu tinggi karena bisa memberatkan para pedagang. Apalagi ekonomi saat lagi menurun,” harapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada 17 Juni lalu, Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DPKUKM) Kabupaten Sukabumi menggelar sosialisasi pembangunan pertokoan di Terminal Cibadak, Kelurahan/Kecamatan Cibadak.

Sebagai tindak lanjutnya, pada awal September ini pembangunan sudah dimulai. “Alhamdulillah para pedagang dan warga sekitar menyetujui bahkan mensuport adanya pembangunan ini. Insya Allah harga pun sudah berdasarkan kesepakatan,” kata Kepala DPKUKM Kabupaten Sukabumi, Ardiana Trisnawiana kepada Radar Sukabumi, belum lama ini. (bam/adv)