Marwan: Koperasi Harus Melek IT
oleh Admin Rabu, 07 Agustus 2019 News
Marwan: Koperasi Harus Melek IT

SUKABUMI – Memperingati Hari Koperasi ke-72, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi menggandeng harian pagi Radar Sukabumi, menggelar lomba jalan sehat dan senam di Lapang Walagri Situ Sukarame, Desa/Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi, Selasa (6/8).

Kegiatan yang mengusung tema ‘Transformasi Koperasi Menuju Kemandirian Untuk Kabupaten Sukabumi Labih Baik’ ini, dihadiri Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, Wakil Bupati Sukabumi, Adjo Sarjono, Wakil Walikota Sukabumi, Andri Hamami, Sekertaris Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) RI, Rully Indrawan dan tamu undangan lainnya.

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami mengatakan, sejalan dengan Visi dan Misi Kabupaten Sukabumi bahwa Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (DPKUKM) mempunyai peran strategis dalam mewujudkannya. Yakni menuju Kabupaten Sukabumi lebih baik.

“Gerakan koperasi harus mampu beradaptasi dengan kondisi dan tantangan baru yang dihadapi. Baik di tingkat kabupaten, maupun secara nasional yang semakin komplek. Hal ini, muncul dengan dimulainya revolusi industri menyebabkan adanya perubahan gaya hidup generasi milenial yang begitu cepat. Begitu juga pengaruh dari perkembangan teknologi informasi yang saat ini berkembang begitu pesat,” kata Marwan kepada Radar Sukabumi, Selasa (6/8).

Hal itu terbukti, dengan menjamurnya berbagai aplikasi seperti sektor jasa online, pemasaran online dan lain sebagainya. Seiring perkembangan itu, maka langkah awal koperasi untuk beradaptasi dengan cara bertransformasi mengembangkan karakter inovatif dan kreatif.

Dengan gerakan koperasi yang inovatif tinggi, tentunya dapat menata kelembagaan atau organisasinya dan strategi bisnisnya sesuai dengan era revolusi industri. “Penataan kelembagaan ini, dimulai melalui pengelolaan organisasi secara profesional, memanfaatkan teknologi informasi secara maksimal, mengoptimalkan pelayanan secara cepat terhadap anggota sebagai pemilik dan pengguna koperasi serta menjalankan koperasi sesuai dengan nilai dan prinsip yang menjadi jati diri koperasi,” pintanya.

Tentunya, koperasi harus beradaptasi untuk memanfaatkan media informasi terutama bagi koperasi sektor riil dengan cara mengemas maupun mengolah produk lokal, hasil kerajinan maupun produk lainnya melalui sistem komputerisasi dan teknologi. “Mengingat saat ini era revolusi industri, tentunya koperasi harus mampu menyesuaikan paradigma pengembangan KUKM perlu bergeser ke arah sistem teknologi berbasis IT.

Dimana, peran aplikasi digital terutama dalam aspek produksi, pemasaran produk maupun informasi kebijakan, sangat dibutuhkan untuk mengembangkan potensi KUKM terutama dalam menghadapi kompetisi usaha. Tidak perlu canggih-canggih, koprasi bisa memanfaatkan penggunaan media sosial,” terangnya.

Marwan meminta, koperasi harus berbenah diri dan juga berupaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), bersatu membangun jaringan usaha dan memperkuat permodalan. “Semua itu, tetunya perlu diimbangi dengan kerja keras, komitmen yang kuat dan seluruh gerakan koperasi melalui mekanisme kebersamaan, kemandirian dan tanggungjawab. Bila dapat dilaksanakan secara konsisten, maka kesejahteraan anggota koprasi akan bisa tercapai,” ucapnya.

Di tempat sama, Kepala DPKUKM Kabupaten Sukabumi, Ardiana Trisnawiana memaparkan, peringatan Hari Koprasi ini menjadi wahana pergerakan yang menunjukan jati diri koperasi di Kabupaten Sukabumi. “Koprasi ini tentunya menjadi peranan penting dalam menunjang perningkatan perekonomian masyarakat.

Karena itu, kami terus berupaya untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan koperasi sehingga bisa memiliki jiwa entrepreneur agar bisa mengelola koperasinya dengan baik. Kami berharap, kedepan perkembangan koperasi di Kabupaten Sukabumi bisa lebih baik lagi,” harapnya.

Sementara itu, General Manager (GM) harian pagi Radar Sukabumi, Abdul Somad berharap, dengan terselenggaranya kegiatan tersebut dapat memberikan semangat baru kepada para pelaku usaha khususnya koperasi di Kabupaten Sukabumi agar menjadi lebih baik lagi.

Sehingga, berdampak terhadap kesejahtraan masyarakat. “Kami harap, pada peringatan hari Hari Koperasi ini semua koperasi di Kabupaten Sukabumi bisa semakin berkembang dan lebih baik lagi ke depannya. Karena, keberadaan koperasi tentunya akan berdampak positif bagi masyarakat sekitar,” pungkasnya.

Sementara dalam kegiatan tersebut, panitia menyiapkan beragam hadiah. Mulai dari sepeda, televisi, handphone, magic com, kipas angin, setrika, kulkas dan lainnya. (bam/t)