Jelang Lebaran, Tera Ulang Digelar
oleh Admin Selasa, 04 Juni 2019 News
Jelang Lebaran, Tera Ulang Digelar

SUKABUMI — Mencegah aksi curang para pedagang saat transaksi dengan konsumen, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Metrologi Legal Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DPKUKM) Kabupaten Sukabumi menguji tera ulang diseluruh lapak yang menggunakan alat ukur timbangan.

Kepala UPTD Metrologi, Doni Achmad mengatakan, pengecekan timbangan para pedagang ini rutin dilakukan terlebih lagi saat menjelang Idul Fitri. Substansi kegiatan ini untuk menjaga dan melindungi hak konsumen. Sebagai langkah awal, tera ulang dilaksanakan di Pasar Cisaat, Kecamatan Cisaat. “Sehari ini sekitar 80 pedagang sudah dilakukan tera ulang,” kata Doni kepada Radar Sukabumi, Jumat (24/5).

Lanjut Doni, teknis yang dilakukan dalam pemeriksaan ini yaitu dengan mengambil timbangan para pedagang dan dilakukan tera ulang di tempat. “Tera ulang dilakukan untuk membuktikan kepada masyarakat bahwa timbangan yang digunakan pedagang pasar Cisaat ini benar-benar sudah diperiksa UPTD Metrologi DPKUKM Kabupaten Sukabumi. Sehingga masyarakat tidak meragukan dengan timbangan yang digunakan pedagang ini,” ujarnya.

Menurutnya, dalam melakukan tera ulang tidak sedikit para pedagang menolak ketika hendak diperiksa. “Ya, asumsi pedagang kalau timbangan masih bagus tidak harus dilakukan ditera ulang. Sehingga kami memberikan penjelasan tentang pentingnya tera ulang. Ada yang patuh, ada juga yang bersikukuh untuk menolak timbangannya ditera ulang dengan alasan masih bagus,” tandasnya.

Kendati demikian, Metrologi DPKUKM Kabupaten Sukabumi berupaya melakukan tera ulang terhadap timbangan semua pedagang. “Saya harap, kesadaran para pedagang bisa meningkat dengan sudah diberikannya pemahaman dan penjelasan terkait pentingnya melakukan tera ulang agar tidak ada salah satu pihak yang dirugikan,” pungkasnya. (bam/d)


sumber : https://radarsukabumi.com/2019/05/25/jelang-lebaran-tera-ulang-digelar/