DPKUKM Kabupaten Sukabumi Bina Pelaku Usaha Kecil Menengah Agar Pandai Berkomunikasi
oleh Admin Rabu, 08 Mei 2019 News
DPKUKM Kabupaten Sukabumi Bina Pelaku Usaha Kecil Menengah Agar Pandai Berkomunikasi

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Sukabumi (DPKUKM) bersama Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kabupaten Sukabumi menggelar acara Bazaar Kuliner Ramadhan 1440 H di gerai Dekranasda, komplek GOR Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

Acara ini dibuka Senin (6/5/2019), tepatnya pada hari pertama puasa Ramadan. Dalam acara tersebut ada sebanyak 24 UMKM yang menjual produk makanan dan minuman.

Kepala DPKUKM Kabupaten Sukabumi, Ardiana Trisnawiana, mengatakan bazar Ramadan ini adalah media untuk membantu pelaku UKM dalam mempromosikan produknya.

"Bazar seperti ini kami peruntukkan untuk membantu pelaku UKM dalam mempromosikan produk usahanya, tentunya memanfaatkan momentum Ramadan," ungkap Ardiana kepada sukabumiupdate.com.

Ardiana menambahkan, pelaku UKM di Kabupaten Sukabumi perlu mendapat pembinaan dalam berbagai hal dimulai dari peningkatan kualitas SDM, peningkatan keterampilan produksi, perbaikan administrasi perbukuan agar bisa mengakses permodalan, hingga pemasaran produk.

"Pelaku UKM di kita ini memang mesti dibina dalam berbagai hal, dan juga diajarkan bagaimana agar pandai berkomunikasi dan bisa menangkap peluang usaha," ujarnya.

Sejauh ini, tercatat ada 26.000 UKM di Kabupaten Sukabumi yang telah terdaftar di DPKUKM, namun hanya 8.000 yang sudah terbina dan mendapatkan pelatihan. "Dari jumlah UKM di Kabupaten Sukabumi, sebagian besarnya masih didominasi oleh sektor makanan dan minuman," pungkas Ardiana.

Reporter: CRP 1/ADV
Redaktur: ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi: sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing: marketingsukabumiupdate@gmail.com